Wednesday, April 05, 2006
ORGANISASI YANG HIDUP DAN BELAJAR DARI KEHIDUPAN

Langkah kaki ini tersandung dan terus tersandung, namun adakah kita berhenti berjalan ? Tidak, karena kita punya tujuan.

Setiap kali kita katakan pada diri tentang arti kesalahan dalam perjalanan, adakah kita kelelahan ? Tidak, namun semakin bersemangat kita berusaha karena darinya kita dapat kemajuan.

Format '99 salah satu wadah tempat kita bernaung. Banyak tersandung, banyak kesalahan jadikan kita terus berjalan, bersemangat, membuat kemajuan dan berusaha meraih tujuan.
Organisasi ini masih belia jika ukurannya usia manusia. Namun hasil karya tidak bisa dibilang tidak ada. Jika awalnya adalah kumpulan manusia,selanjutnya adalah kumpulan ide, cita serta karya.Dan Suatu saat mungkin organisasi ini adalah pencipta pengetahuan.Merekayasa alam semesta dengan konsep-konsep baru untuk hidup yang lebih baik.

Organisasi ini hidup karena belajar dari kehidupan, berkembang karena dipupuk dan disiram. Menjadi besar, saat dibesarkan dengan ide-ide cemerlang.Fleksibelitas, potensi kreatif dan kemampuan belajar jadi kekuatan yang membuatnya bertahan. Dan satu lagi, adanya kedekatan secara informal. Dalam Format '99 pemanfaatan jaringan-jaringan informal terbukti mampu secara efektif memeliharanya agar tetap bersemangat dan hidup sehingga mampu mendukung dan memperkuat komunitas praktisinya.

Sebagai Insan-insan muda yang jadi pendiri dan dilibatkan sejak awal dalam FORMAT '99, kita telah memilih "untuk diganggu"dengan kehidupan organisasi.Idealnya memang setiap individu di dalam organisasi ini masing-masing memiliki keyakinan bahwa usaha untuk meraih cita-cita pribadinya tidak harus mengorbankan integritas mencapai cita-cita organisasi.Sehingga tidak hanya organisasi yang diuntungkan akan tetapi kebermaknaan hidup yang akan lebih dirasakan.Tapi pada realitasnya kita masih belajar mencapai kesehatan berorganisasi tersebut.

Gagasan untuk Format '99
1. Wahana yang mampu mengakomodir potensi seluruh anggotanya serta meningkatkan dan mengembangkan kemampuan tersebut menuju proses transformasi kompetensi bagi tiap individu yang terlibat di dalamnya. Hal ini di wujudkan dalam struktur organisasinya.

2. Mempertahankan idealisme dalam Mengorganisir dengan baik usaha-usaha menuai kebaikan yang fokus pada bidang kemanusiaan secara komprefensif memenuhi 3 titik utama yaitu jiwa, akal dan jasad. Untuk itu program kerja yang dihadirkan berupa :
- Beasiswa untuk mahasiswa/pelajar tdk mampu
- Bakti sosial untuk bencana alam atau wilayah- wilayah yang membutuhkan
- Training pencerahan anak bangsa

3.Memperkokoh ukhuwah islamiyah diatas aqidah yang lurus antar anggota dan individu-individu yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan format '99 dengan agenda kegiatan :
- Silaturahim formal dan informal
- Membuat media untuk menggagas penulisan kisah, sejarah dan hikmah perjalanan format'99 secara objektif dan ilmiah
posted by ratna @ 9:59 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
W E L C O M E
ABOUT ME & THE BLOG

Perempuan dalam Serangkaian cita untuk jadi lebih baik setiap masa.... Dalam ketundukkan pada Tuhan inginkan kekekalan yang indah............ Jika setiap kata bisa jadi sarana menuju kesana, semoga blog ini wujudkannya ...

Recent Post
Archives
Blog's Neighbourhood
M Y G A L L E R Y
Al QUR'AN & HADITS
  • ">
L I N K S

Indonesian Muslim Blogger

15n41n1
Please Say Something Here...
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
©Copy Right 2006 rtriana.blogspot.com