Thursday, January 18, 2007
Waktu untuk Berubah
Saya baru menyadari, bahwasannya dalam hidup ini ada beberapa hal yang akan mengalami perubahan meski kita tidak pernah mengubahnya secara langsung. Itulah yang namanya sunnatullah, sebuah mekanisme tangan Tuhan berupa ketentuan dan taqdir illahi pada setiap makhlukNya di muka bumi. Seperti perubahan siang dan malam, pertumbuhan manusia dari kecil, remaja, hingga dewasa atau pergantian musim hujan dan panas yang bersilih waktu.

Berubah, menjadi tema sentral yang menunjukkan dinamisnya alam raya. Namun demikian, dibalik kepastian dari perubahan memang ada hal-hal yang tidak akan bisa berubah hingga kita menghendakinya atau mengubahnya. Contohnya saja, sifat dan prilaku sehari-hari, sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari yang tidak bisa berubah dengan sendirinya. Perubahan pada hal-hal tersebut butuh upaya dan motivasi yang kuat. Karena, terkadang kita menginginkan lingkungan disekitar kita berubah tanpa kita mengupayakannya, terkadang kita pun mengharap diri kita memiliki nilai tambah dari hari kemarin, namun tanpa motivasi serius yang di tekadkan, lagi penuh kesabaran dalam menjalaninya.

Ya..ya..ya.. perubahan memang butuh waktu dan berproses, apalagi jika kita menginginkan hasil dari perubahan itu sempurna, tidak ibarat sang bunglon yang perubahannya bersifat kamuflase untuk menipu mata musuh.
Saya sendiri mengalami beberapa episode kehidupan yang menuntut pribadi ini untuk terus berubah secara kontinyu. Beranjak dewasa, bertambah peran dan tanggung jawab serta keinginan meraih cita-cita membuat saya mengambil momentum-momentum khusus untuk berproses memperbaiki diri dan memantapkan keyakinan pada pondasi kuat bernama al islam sebagai pedoman perubahan.Selaras dengan firmanNYa "..Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan merubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu merubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri..." (QS Al Anfaal : 53)

Percaya nggak percaya, ternyata memang ada relativitasnya antara nikmat yang Allah berikan dengan perubahan yang kita buat. Bagaimana tidak ? jika ternyata setiap keputusan yang kita buat untuk melakukan sesuatu, Allah pasti kasih ganjaran hasil yang "terbaik" dalam ketetapanNya. dan sebaliknya jika kita hanya diam, jangankan Allah, manusiapun enggan memberikan perhatian apalagi ganjaran. Begitulah sunatullahnya..
Jadi tunggu apa lagi, mari berubah saat ini juga. Buatlah momentum terbaik hidup kita dengan dinamika berubah dalam rangka meraih nikmat Allah yang tersebar di muka bumi. Selamat Menikmati perubahan dan jadilah lebih baik.
rtn-170107
posted by ratna @ 9:15 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
W E L C O M E
ABOUT ME & THE BLOG

Perempuan dalam Serangkaian cita untuk jadi lebih baik setiap masa.... Dalam ketundukkan pada Tuhan inginkan kekekalan yang indah............ Jika setiap kata bisa jadi sarana menuju kesana, semoga blog ini wujudkannya ...

Recent Post
Archives
Blog's Neighbourhood
M Y G A L L E R Y
Al QUR'AN & HADITS
  • ">
L I N K S

Indonesian Muslim Blogger

15n41n1
Please Say Something Here...
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
©Copy Right 2006 rtriana.blogspot.com